Wednesday, April 17, 2013

Belajar Not Balok Iman Prabawa

belajar-not-balok-iman-prabawa
Blog belajar not balok iman prabawa ini saya khususkan buat teman-teman yang ingin belajar not balok dari nol. Teman-teman bisa membaca semua artikel yang ada disini, dan juga bisa mengikuti satu per satu dari artikel yang saya buat disini, dan yang terpenting adalah teman-teman harus melatihnya. Karena kalau Cuma dibaca saja tanpa diterapkan pastinya nanti teman-teman tidak akan maksimal memperoleh pengajaran darisini.

Monday, March 18, 2013

Belajar Not Balok

Di blog ini kita akan banyak belajar not balok. Saya akan membahas cara membaca not balok dari dasar banget sehingga nanti teman-teman bisa mengikuti dengan baik dan bisa latihan sendiri di rumah. Ada beberapa keuntungan kalau kita belajar membaca not balok, antara lain :
  • Kita jadi bisa belajar sendiri. Sekarang di internet banyak situs yang menyediakan mengenai pembelajaran musik secara gratis, salah satunya blog ini. Nah disitu biasanya yang disediakan adalah not balok. Jadi kalau kita tidak bisa membacanya alangkah sayangnya kan?
  • Kita nantinya juga bisa menuangkan ide bermusik kita ke dalam not balok. Dan nanti tinggal memberikan not balok kita ke orang lain yang kita akan kerjasama. Dunia internet itu semakin luas, dan semakin mendekatkan kita kepada orang yang jauh. Ada beberapa teman saya yang kolaborasi dengan musisi dari Amerika. Dan rata-rata mereka bisa membaca not balok, sehingga akan memudahkan kita juga nantinya untuk berkolaborasi dengan mereka.
  • Kita bisa mendapatkan peluang yang lebih besar kalau kita hendak mengajar di sekolah musik atau institusi yang sudah ternama, karena mereka biasanya ngetes calon gurunya dengan tes membaca not balok. 
  • Dan pastinya banyak hal lagi yang lainnya, saya belum kepikiran aja nih.. Hehehe. 
Nah jadi intinya dengan kita bisa membaca not balok banyak sekali peluang yang bisa kita kerjakan nantinya. Entah kita membuat scoring film sendiri, tuh kan saya baru aja kepikiran. Soalnya baru aja inget ada teman saya yang membuat scoring film dan jingle iklan dengan memasukkan not balok ke perangkat perekamnya, waktu itu yang saya lihat adalah Nuendo.
Jadi dia mengetikkan not balok disitu ketimbang dia memainkan alat musiknya. Dan dia tinggal pilih alat musiknya itu mau suara apa, jadi nanti si Nuendo ini tinggal membunyikan apa yang dia ketikkan.
Jadi lebih mudah kan? Dan banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan kita belajar not balok. Belajar not balok itu susah ngga sih? Saya selalu menganalogikan belajar not balok itu dengan makan gajah. Gajah kan gede tuh? Nah caranya gimana kita bisa makan gajah segede itu?
Caranya adalah kita memakannya sedikit demi sedikit tapi tiap hari, jadinya nanti juga gajah itu akan habis termakan oleh kita semua. Nah begitu juga dengan kita belajar not balok ini. Kita belajar sedikit demi sedikit aja, misalnya 30 menit sehari tapi rutin, nanti juga kita akan bisa dan lancar membaca not balok.
Memang butuh waktu yang lama, tapi kalau mau lebih cepat, teman-teman tinggal tambah saja. Yang tadinya cuma 30 menit per hari dikali dua aja, atau di kali 6 kalau teman-teman lebih ingin cepat. Kan jadi kita bisa lebih cepat belajar not balok dan menguasainya tho?
Nah semoga blog saya ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin belajar not balok. Sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya, dan salam not balok..